Menuju komputer masa depan



Perkembangan komputer Masa kini dengan Masa Depan
Posted on June 1, 2010
0

PERKEMBANGAN KOMPUTER MASA KINI
Perkembangan komputer saat ini sangat cepat. Kita bisa baca sejarah komputer dan melihat perkambangannya. Perkembangan komputer itu tentu saja mendorong munculnya berbagai macam aplikasi yang membawa manfaat bagi kita.
Saat ini Kita pasti melihat ke arah Komputer yang sedang digunakan untuk browsing. Dan memang, untuk saat ini penggunaan komputer yang sangat populer adalah untuk akses Internet. Kita pasti Telah mengenal browsing, chatting, e-mail dan googling.
Pasti, karena itu adalah kegiatan di internet yang paling populer. Beberapa aplikasi lain yang berguna adalah transfer file yang disebut dengan FTP, File sharing yang biasanya buat ngebajak MP3 artis kesayangan kita, dan remote operation (berguna untuk menjalankan komputer dari jarak jauh). Semua itu bisa dilakukan melalui internet dan komputer kita tercinta ini.
Pekerjaan kantoran juga saat ini rasanya sudah sangat sulit untuk terlepas dari benda yang satu ini. Mulai dari mengetik surat, membuat tabel perhitungan, membuat database dan melakukan presentasi. Semua menggunakan komputer. Khusus untuk penggunaan kantoran seperti ini, software yang umum digunakan adalah keluarga Microsoft Office kayak MS-Word, MS-Excel, MS-Power Point dan MS-Access. Namun jangan salah, selain dari aplikasi kantoran berbayar dari Microsoft itu, saat ini sudah muncul aplikasi kantoran yang berbasis open source yang sama sekali tidak di bawah MS Office kemampuannya. Beberapa diantaranya adalah Star Office dan Open Office. Bahkan kita bisa melakukan konversi dari file document langsung ke format PDF yang merupakan format distribusi dokumen standar saat ini dengan mudah tanpa perlu bantuan tambahan aplikasi apapun, cukup gunakan Open Office saja.
Selain penggunaan yang umum tadi, komputer juga saat ini digunakan untuk berbagai aplikasi khusus yang dibangun untuk keperluan analisa data perusahaan, penelitian, produksi dan masih banyak kegunaan lain yang mungkin sangat sulit bagi kita untuk menyebutkan satu persatu. Kemungkinan pengembangannya bisa dikatakan hampir tak terbatas. Suatu hari nanti, kulkas kamu di rumah bisa otomatis pesan sendiri persediaan makanan yang sudah habis .
Aplikasi komputer lain yang sangat populer dan tidak boleh ketinggalan disebut adalah GAME! Ya, perkembangan industri game saat ini sangat fantastis, dan merupakan salah satu sumber keuangan di dunia komputer yang sagat besar. Bisnis game ini merupakan bisnis raksasa, coba lihat aja di sekitar kita, berapa banyak anak-anak yang tidak mengenal game? Hampir tidak ada . Jumlah pengguna game yang sebanyak itu tentu saja merupakan pasar yang sangat potensial bagi para pengembang game saat ini.
Bagaimana kita mencapai kekayaan komputer sekaarang ini? Pada waktu sebelumnya, tidak terdapat keneka ragaman jenis; semua komputer dianggap sama (yang akan dibahas kemudian pada bab ini). Pada suatu waktu, 8 perusahan berbeda pada Amerika manufactured computers. Univac yang telah memimpin terlebih dahulu dalam perkomputeran akan tetapi kemudian dikalahkan IBM. (kemudian Univac menjadi bagian dari Sperry, yang bergabung dengan penjual komputer yang lain yaitu Burroughs, untuk mendirikan perusahaan UNISYS).
IBM menjadi penjual dominan di Amerika dan di luar negeri, industri komputer terkadang digambarkan severti “IBM dan tujun kurcaci” pada tahun 1950an dan awal tahun 1960an, tidak ada perusahan seperti Apple, Digital Equipment corporation (DEC), dan Compaq. RCA dan General Electric membuat komputer yang sama, akhirnya mengambil pencoretan besar mereka meninggalkan bisnis minikomputer dan penjual utama menggulung dari perubahan dramatis.
KOMPUTER WIZARD
Tidak setiap aplikasi membutuhkan kekuatan prosesing dari komputer personal; sebagai tambahan, alat komputer kecil seperti Wizard menjadi semakin kuat setiap harinya. Brooklyn Union Gas memiliki sekitar 100 Wizard yang digunakan untuk tugas yang berbeda-beda.
Dalam satu aplikasi pelayanan kostumer mewakili penggunaan Wizard untuk membimbing kostumer melalui beberapa peraturan yang dimimta ketika mereka mengatur suatu laporan. Seorang analisis menulis ulang suatu aplikasi yang digunakan pada PC dalam BASIC yang dapat menjalankan Wizard.
Di Merck & Co. Beberapa eksekutif menggunakan Wizard sebagai penyelenggara personal, untuk laporan pengeluaran,dan rencana rapat. Perusahaan bekerja pada suaru aplikasi yang akan menolong menejer-menejer farmasi Amerika Latin dalam menjalankan teritori penjualan mereka. Sekarang, Wizard adalah IBM PC asli yang kuat yang muncul di tahun 1981, dalam perbandingan biaya/tampilan dari “komoditi” keping (chip) prosesor melawan sistem berdasarkan hak milik rancangan sirkuit.
Tren apa dalam tekhnologi yang telah menciptakan industri komputer saat ini? Mengapa begitu banyak jenis komputer yang berbeda, dan untuk apa setiap jenis komputer dirancang?
Perkembangan dari mainframe
Figur 8-1 menampilkan suatu ikhtisari dari lingkungan komputer yang beredar. Pada Komputer pertama yang dikembangkan adalah mainframe yang lebih besar, mesin yang bertujuan umum. Di awal industri komputer, hanya satu yang dapat menjalankan kelompok pada komputer mainframe. Banyak organisasi yang telah mengembangkan banyak aplikasi pada komputer mainframe; pada saat ini jenis mesin seperti itu digunakan untuk mendukung beberapa teminal dan interakting komputer personal dengan database besar yang menapung milyaran karaketer data. Komputer mainframe oleh banyak pengguna digunakan dengan luas untuk proses transaksi dan memelihara akses data penting. (kami lebih membahas masa depan mainframe dalm bab 13). Berdasarkan sejarah, IBM telah mendominasi pasar mainframe, akan tetapi permintan untuk mainframe biasa telah menurun, mengarah kepada masalah besar untuk perusahaan.
Kekuasaan superkomputer
Komputer mainframe tidaklah cukup cepat untuk beberapa aplikasi. Komputer mainframe dikembangkan secara original untuk keperluan bisnis; komputer mainframe memiliki kelebihan untuk meningkatkan pengolahan data bisnis yang melibatkan manipulasi karakter dan aritmetika desimal. Para ilmuan dan insinyur mamiliki masalah hitungan intensif yang harus dipecahkan, sering melibatkan angka dengan banyak digit yang signifikan. Perusahaan seperti Cray menawarkan komputer super untuk beberapa pekerjaan seperti peramalan, data analisis geologikal, Dan bebrapa jenis dari pembelajaran simulasi. Superkomputer termasuk pada komputer tercepat saat ini, dengan ukuran kecepatan dalam 100 megaflop (megaflop adalah pelaksanaan dari satu juta intruksi gerak-poin per detik) lebih cepat dari gigaflop (satu miliyar intruksi gerak-poin per detik). Beberapa perusahaan mencoba untuk mencapai mesin teraflop mesin yang mampu untuk malksanakan satu triliun intruksi per detik!
PERKEMBANGAN KOMPUTER MASA DEPAN
Tentunya seiring dengan perkembangan zaman, dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu cepat, bukanlah mustahil bagi manusia untuk menikmati berbagai layanan yang semakin canggih, begitu juga dengan komputer, NEC Design Ltd sebuah lembaga di jepang menawarkan sebuah konsep baru yang mungkin akan mengejutkan anda, saya sangat yakin bahwa beberapa konsep berikut berpotensi untuk merubah wajah dari PC (Personal Computer) di masa mendatang. anda ingin tahu lebih lengkap tentang konsep komputer masa depan ini?? Temukan jawaban dari penasaran kita mengenai Kecanggihan Konsep Komputer Masa Depan
Komputer Open Source Terkecil
Telah dikembangkan komputer dengan bentuk skala kecil yang diberi nama Linuxstamp, dari namanya tentu saja mendukung open-source dan hanya menggunakan 6 Intergrated Circuit (IC). Komputer kecil ini telah di demonstrasikan minggu ini dalam acara ?Linux Garage? dari LinuxWorld yang mengusung tema Linux dan Lego ? Berbasis Robot.
Linuxstamp di desain oleh Paul Thomas, yang juga mengungkapkan bahwa Linuxstamp dikembangkan dengan menggunakan Atmel AT91RM9200 yang berbasis ARM9 dengan kemampuan 180Mhz. Selain itu komputer ini menggunakan board dengan dukungan 32MB SDRAM, dan juga perangkat penyimpan sebesar 8MB dari SPI Dataflash serta mempunyai sebuah SD card slot.
Komputasi Awan
Microsoft tampaknya akan berbaik hati memberikan sesuatu yg gratis bagi para pecinta setianya. Sebuah Operating system yang dikabarkan bernama Windows Azure yang berbasis teknologi awan akan dirilis secara cuma-cuma.
Teknologi komputasi awan yang ditawarkan oleh Microsoft ini dipandang sebagai teknologi masa depan. Dengan berkembangnya berbagai aplikasi untuk website dan internet maka kebutuhan akan teknologi komputasi awan ini menjadi sangat penting. Dan dipercaya akan segera menjadi sebuah teknologi yang penting dan bahkan akan mengalahkan komputer-komputer yang sudah ada.
Dengan keterangan yang ada pada website wikipedia.org komputasi awan dapat dijelaskan sebagai sebuah teknologi untuk pengembangan aplikasi berbasis internet. dengan teknologi ini seseorang dapat mengakses sebuah layanan berbasis website dengan cepat dan tanpa perlu pengetahuan khusus. Dengan kemampuan untuk menyediakan berbagai aplikasi online dengan didukung server backend yang kuat menjadi andalan teknologi komputasi awan ini.
Untuk contoh sekarangnya kita dapat melihat berbagai layanan milik Google yang tersedia secara online dan gratis dengan kapasitas penyimpanan data yang begitu besar dan tersimpan rapi diserver miliknya sehingga pengguna tidak memerlukan lagi yang namanya harddisk ataupun flashdisk untuk menyimpan data miliknya.
Google Docs merupakan aplikasi yang laris untuk saat ini bagi anda membuat menyunting dan bahkan membagi-bagikan (sharing) dokumen milik anda .
Membuat sistem komputer yang cerdas dan mampu meniru perilaku manusia atau makhluk hidup lainnya bukan lagi sebuah impian yang mustahil lagi saat ini. Sistem komputer mampu memberikan solusi layaknya seorang pakar dapat diwujudkan melalui sistem pakar.,Sistem komputer pun mampu memberikan keputusan berbasiskan kasus seperti yang dilakukan manusia dengan menerapkan penalaran bebasis kasus (case based reasoning). Sistem komputer mampu mengenali pola seperti halnya manusia dengan menggunakan jaringan syaraf tiruan (neural network). Algoritme sebuah program pun bisa menemukan solusi terbaik dengan menggunakan teori genetika. Melalui cara bekerja sistem kekebalan tubuh pada manusian (artificial immune system) kita dapat membuat sistem komputer yang mampu mendeteksi spam (http://terri.zone12.com/doc/academic/crossroads/).
Membuat sistem komputer menjadi “cerdas” seperti itu bisa dipelajari melalui ilmu komputer yang dikenal dengan kecerdasan komputasional (computational intelligence). Kecerdasan komputasional adalah bagian dari kecerdasan buatan (Artificial Intelligence)
Apakah Kecerdasan Buatan itu?
Kecerdasan adalah kemampuan, kreativitas, intuisi dan emosi. Melalui kecerdasan yang dimiliki, manusia mampu memahami, melakukan penalaran dengan baik dan melakukan penarikan kesimpulan berdasarkan pengalaman dan pembelajaran.
Menurut IEEE Neural Networks Council pada tahun 1996, kecerdasan buatan adalah studi yang mempelajari bagaimana membuat komputer dapat melakukan sesuatu seperti yang dilakukan oleh manusia. Oleh karena itu Istilah kecerdasan buatan sering dilekatkan dengan kemampuan komputer untuk memiliki kecerdasan seperti manusia. Pada pertengah tahun 1900-an, Alan Turing melakukan penelitian untuk membuat komputer menjadi “cerdas”. Alan Turing yakin bahwa komputer dapat meniru bagaimana otak manusia bekerja. Lebih dari 50 tahun lamanya keyakinan Alan Turing masih berupa angan-angan saja. Ketika ilmu psikologi sudah mampu memodelkan sistem biologi neural manusia pun, membuat komputer menjadi cerdas pun masih belum bisa dijelaskan. Aakhirnya pada tahun 1950, Alan Turing membuat komputer cerdas yang diberi nama Turing Test. Mesin ini diujicobakan dengan memberikan pertanyaan yang sama ke komputer melalui papan ketik (keyboard) dan ke manusia.
Bagaimana caranya membuat sistem komputer menjadi cerdas?
Kecerdasan Komputasional
Kecerdasan komputasional adalah bidang yang mempelajari mekanisme adaptif dari kecerdasan berperilaku dalam lingkungan yang selalu berubah dan kompleks. Mekanisme adaptif tersebut merupakan bagian dari kecerdasan buatan yang mempelajari juga bagaimana bisa beradaptasi dengan situasi yang baru, bagaimana melakukan generalisasi dan menemukan pengetahuan.
Oleh karena itu beberapa studi yang dikaji dalam kecerdasan komputasional antara lain Jaringan Syaraf Tiruan (Artifial Neural Network – NN), Algoritme Genetika atau yang dikenal juga dengan komputasi evolusi (evolutionary computation – EC), Algoritme semut (ant algorithm), kecerdasan berkerumun (swarm intelligence – SI), sistem kekebalan tubuh buatan (artificial immune system – AIS) dan sistem fuzzy (fuzzy system – FS).


Share this post :

Posting Komentar

Pengikut

Test Sidebar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. DAGIGUS COORPORATION - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger